By | 10 Agustus 2018
Disini kita tidak akan membahas ramalan layaknya cenayang ataupun apa saja yang akan terjadi di tahun 2020, tapi kita akan membayangkan seperti apa kehidupan kita di tahun 2020, tahun dimana komputer yang kita punyai saat ini menjadi sesuatu yang berbeda.
Komputer menjadi bagian dari hidup kita. Rumah kita dipenuhi dengan komputer. Di kaca terdapat komputer yang dapat membuat pemandangan yang kita inginkan. Lemari es kita bisa memberi resep harian untuk memasak. Untuk berbelanja, kita hanya cukup berkaca dan kita bisa langsung melihat seakan – akan kita memakai baju atau pakaian tersebut. Betapa mudahnya hidup kita. Komputer yang saat ini merupakan kumpulan komponen yang dibalut dengan casing, maka dimasa yang akan datang, komputer tetap terdiri dari komponen – komponen, tetapi pembalutnya adalah sebuah rumah, rumah masa depan.
Ada hal yang menarik dari salah satu bagian di film ini dan akan penulis ulas mengenai manfaat, dampak, dan solusi dari permasalahan yang mungkin ditimbulkan. Bagian terserbut adalah Augmented Reality atau Realitas Tertambah. Bahasa awamnya sih berarti dunia virtual yang berhubungan langsung dengan dunia nyata. Bukan berarti seperti film – film yang menjadikan dunia maya atau virtual menjadi kenyataan, tetapi ini hanya menambahkan unsur maya kedalam dunia nyata sebagai alat bantu atau memperbaiki yang sudah ada.Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam. Kalau masih bingung, kita bisa ambil referensi dari film – film hollywood seperti Avenger atau Ironman, dimana terdapat komputer yang tampilannya hologram dan bisa disentuh. Itu adalah salah satu contoh dari augmented reality.
Walaupun belum secanggih dengan yang ada di film avenger, tetapi saat ini sudah banyak sekali perkembangan dalam bidang ini, malah, bidang ini sedang sangat diminati oleh banyak orang sehingga perkembangannya cukup cepat. Contohnya saat ini dalam bidang game, dengan kacamata bernama “Oculus”, kita dapat seakan – akan berjalan di dalam dunia dari game yang kita mainkan. Dalam bidang entertaiment, sudah ada google glass yang menampilkan widget – widget berguna seperti ramalan cuaca ataupun email dan lainnya yang seakan – akan berada di sekeliling kita, padahal kita melihatnya hanya dapat melalui kacamata kita. Sesuai bukan dengan deskripsi dari augmented reality yaitu menambahkan atau membuat sesuatu di dunia nyata melalui bantuan dunia virtual, Hidup manusia akan jauh lebih mudah dan praktis jika bidang ini terus berkembang.
Tetapi walaupun membuat hidup manusia menjadi mudah dan praktis, memungkinkan sekali membuat kita menjadi mahluk yang lebih lemah dari sebelumnya. Membuat orang – orang menjadi malas karena rata – rata pengguna teknologi ini hanya sekedar untuk memanjakan dirinya, bukan untuk memacu produktivitasnya jauh lebih baik dari sebelumnya.